Rabu, 23 Januari 2013

Uang banyak tanggung jawab besar




Beberapa orang beranggapan bahwa jika kita memiliki banyak uang, maka tanggung jawab akan besar. Jika kita memiliki banyak uang maka masalah kita akan banyak. Jika kita memiliki banyak uang maka kita akan dihadapkan pada masalah-masalah yang lebih rumit ?

Saya tidak menyalahkan kata-kata di atas, tapi juga tidak membenarkannya. Benar atau tidaknya tergantung keyakinan kita. Tapi yang jelas kata-kata di atas sangat tidak mendukung orang untuk jadi kaya. Jika anda ingin menjadi kaya raya maka segera hapus kalimat-kalimatb di atas dari otak anda. Bagaimana cara menghapusnya? Cara termudah yaitu dengan membuat kalimat atau pernyataan yang melawan.

Jika terlintas di pikiran kita bahwa orang yang memiliki banyak uang memiliki tanggung jawab yang besar, maka segera lawan dengan kalimat “Bagi orang yang memiliki uang banyak maka tanggung jawab yang besar akan terasa kecil”. Misalnya kita sedang reuni bersama teman-teman di sebuah rumah makan. Karena tidak ada yang kaya raya maka akhirnya semuanya merasa berat untuk mengeluarkan dompetnya. Rasanya sakunya terlalu penuh karena dompetnya terlalu besar. Mereka takut kalau mengeluarkan dompet duluan nanti akan membayar semuanya. Akan tetapi kondisi ini sangat berbeda jika kita memiliki banyak uang. Jika kita memiliki banyak uang maka kita akan merasa bahwa kita mampu dan mudah untuk membayar semua pengeluaran reuni. Jadi tanggung jawab yang besar akan terasa kecil jika uang kita banyak.

Ada orang yang mengatakan bawa jika uang banyak maka masalah akan banyak. Tentu saja ini tidak benar. Kalau kita punya masalah dan kita punya uang  maka kita bisa menyelesaikan masalah dengan gaya yang kita inginkan.

Apa yang harus kita lakukan seandainya terlintas di pikiran kita bahwa jika kita memiliki banyak uang maka kita akan menghadapi masalah-masalah yang rumit. Cara menepisnya sama seperti di atas. Dengan banyaknya uang masalah yang rumit akan terasa sederhana. Kita bisa mendelegasikan ke orang lain untuk menyelesaikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar