Selasa, 15 Januari 2013

Banyak ide merusak bisnis







Seringkali dalam berbisnis, orang merasa bahwa dengan banyaknya ide bagus maka bisnis pasti berkembang besar. Padahal sebenarnya tidak. Adakalanya ide bagus bermunculan justru membuat bisnis semakin hancur.

Ada orang-orang tertentu yang menganggap ide itu mahal harganya. Sebenarnya kalau mau jujur, ide nilainya tidak lebih dari 1%. Hanya ide yang sudah dipraktekan dan menghasilkan uanglah yang bernilai mahal.

Ada orang yang memiliki ide untuk membuat mobil yang menggunakan bahan bakar air. Orang-orang banyak yang mengatakan ini adalah ide bagus sekali. Sebenarnya ini adalah ide yang tidak bagus, karena sampai saat ini juga belum ada satupun mobilnya yang jadi.

Dalam rapat perusahaan seringkali banyak orang yang yang salin mengeluarkan ide-ide. Ide-ide ini banyak membuat orang lain di perusahaan tersebut terkagum-kagum. Akan tetapi dalam kenyataannya tidak ada satupun yang melaksanakan ide tadi. Entah karena memang ide tidak sesuai dengan lapangan atau mungkin tidak ada orang-orang yang mau melaksanakan idenya. Yang jelas sebelum ide itu terlaksana maka tidak bisa disebut ide bagus.

Seringkali dengan banyaknya ide-ide yang bermunculan, perusahaan malah semakin tidak maju. Baru saja keluar satu ide, tidak berapa lama muncul ide yang lain. Dengan demikian ketika ide yang pertama sudah muncul maka ide yang berikutnya muncul lagi, sehingga perusahaan semakin bingung melaksanakan ide mana yang harus dikerjakan.

Hal ini juga sering dialami oleh orang yang mulai berbisnis. Dia punya ide yang wah, yang sangat berpotensi untuk memberikan penghasilan yang besar. Belum juga dia mempraktekkan ide tadi, mendadak muncul ide yang lain. Dengan demikian dia hanya sebagai pengumpul ide-ide, tanpa mengimplementasikannya, sehingga bisnisnya tidak ada satupun yang jalan.

Jadi, hati-hati dengan ide yang banyak bermunculan. Bisa jadi dengan banyaknya ide-ide bermunculan ini anda tidak jadi berbisnis. Bisa jadi dengan banyaknya ide-ide bermunculan ini perusahaan anda tidak bisa berkembang. Bisa jadi dengan banyaknya ide-ide bermunculan ini bisnis anda malah hancur.

Jadi, laksanakan 1 atau 2 ide dengan benar sampai batas waktu tertentu. Jika sudah tidak terbukti jalan, lakukanlah ide yang lain. Jika ide tadi terbukti jalan, maka anda akan mendapatkan penghasilan. Ide berikutnya adalah tinggal memikirkan bagaimana supaya penghasilan yang didapat semakin besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar