Jumat, 11 Januari 2013

Kurangnya Pendidikan Menyebabkan Sulit Bisnis





Pentingkah pendidikan jika anda ingin berbisnis ? Apakah kalau anda tidak memiliki pendidikan yang tinggi anda tidak bisa berbisnis ? Sebenarnya seberapa besarkah manfaat pendidikan terhadap kemampuan berbisnis ?

Menjawab pertanyaan di atas, saya bisa menjawab iya dan tidak. Sangat tergantung pada situasi dan kondisi.  Pertanyaan pertama adalah pentingkah pendidikan jika anda ingin berbisnis ? Saya bisa menjawab iya dan tidak. Saya menjawab iya karena untuk berbisnis anda juga memerlukan pendidikan, minimal SD. Apakah pendidikan SMP tidak penting? Sebanrnya pentingng juga. Tapi makin tinggi level pendidikannya ternyata tidak bergitu banyak berperan terhadap kemampuan bisnis anda.  Ada juga orang yang tidak tamat SD, tapi sukses dalam berbisnis. Akan tetapi jumlah ini terlalu sedikit jika dibandingkan dengan mereka yang lulus SD.

Bagaimana dengan lulusan SMP dan SMA? Secara umum lulusan SMP lebih baik dan lulusan SMA lebih baik lagi dalam kemapuan pengembangan bisnis. Akan tetapi di atas level SMA, hampir tidak ada pengaruhnya.  Bahkan orang-orang terkaya di dunia sebagian besar tidak menamatkan perguruan tinggi.

Jadi, bagi anda yang tidak pernah menikmati kuliah, anda tidak usah minder untuk memulai bisnis. Anda tidak usah khawatir bisnis anda gagal hanya karena anda tidak pernah kuliah. Kalaupun bisnis anda gagal, ini bukan disebabkan anda tidak pernah mengenyam bangku kuliah. Jika memang mengalami kegagalan, ini semua disebebkan kurangnya pengalaman anda. Dengan gagal anda beruntung karena anda akan memiliki pengalaman yang sangat berharga.

Ini bukan berarti saya tidak menyarankana anda untuk kuliah. Jika anda ingin kuliah, saya persilakan kuliah saja. Apalagi jika orang tua anda sangat mengharapkan anda kuliah. Ijasah dari kulih juga penting, yaitu untuk melamar. Maksudnya adalah melamar calon mertua. Calon suami atau istri anda mungkin tidak masalah dengan pendidikan anda, apalagi jika dia sudah sangat mencintai anda. Biasanya yang merasa hal ini menjadi masalah adalah calon mertua anda, apalagi jika pendidikan mereka tinggi.

Yang terpenting setelah lulus kuliah anda tidak merasa bahwa diri anda lebih sukses dibandingkan mereka yang tidak kuliah. Kalau anda merasa lebih sukses, anda tidak akan mau belajar lagi.

Pendidikan tinggi tidaklah penting, yanng penting anda mau belajar terus. Biasanya, orang yang lulus kuliah, setelah mendapatkan kerja, dia tidak mau lagi mempelajari  hal baru. Karena itulah biasanya orang yang lulus dari perguruan tinggi sulit berbisnis. Jadi, bukan berarti kuliah anda mengurangi  kemampuan anda untuk berbisnis.

Saran saya , jika anda sudah kuliah, anda tidak usah mendadak berhenti kuliah gara-gara bisnis. Jika anda sudah merencanakan kuliah, anda juga tidak usah banting setir. Yang terpenting jika anda ingin bisnis, mulailah dari sekarang. Bagia anda yang tidak punya pendidikan tinggi, anda juga tidak perlu takut bersaing dengan mereka yang berpendidikan tinggi untuk urusan bisnis.  Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar