Jumat, 18 Januari 2013

Kehabisan kas





Perusahaan bisa hidup tanpa profit, akan tetapi perusahaan tidak bisa hidup tanpa kas. Apa beda profit dan kas ?

Profit adalah keuntungan yang dimiliki oleh perusahaan. Tapi tidak semua perusahaan bisa mengubah keuntungannya menjadi uang kas. Jika perusahaan tidak memiliki uang kas maka tidak berapa lama pasti tutup.  Jika perusahaan ternyata tidak tutup maka perusahaan ini pastilah memperoleh kas tambahan. Kas tambahan ini bisa berasal dari suntikan dana, misalnya dengan berhutang

Tahukan anda beda antara aset dan liabilitas ? Aset adalah sesuatu yang memasukkan uang ke dalam kantong kita, sementara liabilitas adalah sesuatu yang mengeluarkan uang dari kantong kita. Pada umumnya perusahaan merupakan aset, akan tetapi ternyata ada juga merusahaan yang menjadi liabilitas. Misalnya seorang karyawan mendirikan sebuah perusahaan tanpa dia harus keluar dari tempat kerja. Akan tetapi perusahaan yang dijalaninya rugi terus, maka perusahaan ini bisa dikatakan sebagai liabilitas. Bisakah perusahaan ini hidup terus ? tentu saja bisa asalkan karyawan tadi dengan sebagian gajinya bisa menutupi kerugian perusahaan. Ini merupakan contoh perusahaan yang tidak memiliki profit, tetapi memiliki kas, sehingga tetap hidup.

Untuk mengatasi  ketiadaan kas ini ada beberapa pilihan yang bisa kita lakukan, yaitu :
1. Usahakan mendirikan perusahaan yang pembayaran uangnya di muka. Misalnya bimbingan belajar, universitas, biro perjalanan haji atau umroh,  dan lain-lain.
2.Jangan mengutamakan orientasi produk, tetapi beorientasilah pada market (pasar). Jadi lihat dulu kebutuhan pasar, baru ciptakan produknya.
3. Jualah produk sebelum anda membuatnya. Saat ini makin banyak inovasi orang, yaitu , menjual produknya terlebih dahulu, baru menciptakannya. Misalnya ada orang yang mau menulis buku, bukunya belum ditulis tetapi sudah laku ribuan buku, caranya dijual kepada peserta seminarnya, dengan ketentuan jika mereka membeli sekarang maka mereka akan memperoleh diskon dan hadiah-hadiah menarik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar