Rabu, 09 Januari 2013

Lebih Baik Miskin Tapi Dermawan






Anda termasuk kaya atau miskin ? Jika anda menjawab miskin mungkin jawaban anda benar, karena ada orang yang lebih kaya dari anda. Jika anda menjawab kaya juga benar, karena ada orang yang lebih miskin dari anda.

Kaya atau miskin adalah relatif, tergantung pembandingnya. Hanya saja ada orang yang selalu merasa miskin, karena dia seringkali membandingkan dirinya dengan orang yang lebih kaya. Itu semua tidak menjadi masalah, asalkan dengan membandingkan kekayaan tadi, dia berusaha untuk menjadi lebih kaya dengan cara kerja keras dan kerja cerdas.

Yang menjadi masalah adalah jika seseorang seringkali membandingkan dirinya dengan orang yang lebih kaya, setelah itu dia menjadi tidak suka kepada orang kaya tersebut. Dia selalu berpikir bahwa orang kaya itu pelit, tidak mau menyumbangkan hartanya. Jika dia berpikiran seperti itu, maka secara tidak sadar dia sudah menata pikirannya untuk menjadi miskin.

Dalam pikiran orang ini akan selalu terlintas bahwa orang kaya itu kikir, justru orang miskinlah yang dermawan, mereka mau berbagi. Ini benar-benar mindset yang menyebabkan seseorang menjadi miskin.

Lebih baik mana miskin tapi dermawan atau kaya tapi kikir? Kalau saya akan menjawab lebih baik kaya dan dermawan. Kedua pilihan yang ada di atas dua-duanya sama-sama tidak enak. Maka saya akan menjawab semau-maunya. Pilihan yang diberikan di atas sebenarnya juga pilihan yang tidak nyata. Dalam kehidupan nyata, kita tidak pernah dihadapkan pada kedua pilihan di atas.

Dalam kehidupan  nyata justru kita dihadapkan pada 4 pilihan, dan kita boleh memilih 2 di antaranya. Keempat pilihan tersebut adalah kaya, miskin, dermawan, dan kikir. Karena saya boleh memilih 2 maka saya pilih kaya dan dermawan. Pilihan kita inilah yang akan mempengaruhi kita menjadi kaya atu tidak.

Jika memang anda memang ingin kaya maka ubah mindset anda sebagai berikut, bayangkan jika anda miskin, bagaimana anda bisa menjadi dermawan ? Apa yang bisa anda berikan untuk orang lain ? Jika anda kaya anda akan lebih mudah dermawan, karena anda memiliki harta yang bisa anda berikan untuk orang lain. Dengan memberikan harta ini kepada orang lain, maka anda akan lebih dicintai oleh orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar