Kamis, 24 Januari 2013

Memberi manfaat pada orang lain





Sebaik-baik orang adalah orang yang bermanfaat untuk orang lain. Ini berlaku untuk berbagai hal. Jika anda ingin sukses maka anda harus memberikan manfaat untuk orang lain. Jika anda tidak memberikan manfaat kepada orang lain maka anda sangat sulit untuk menjadi sukses.

Jika anda ingin kaya maka ada 4 kendaraan yang bisa anda pakai. Keempat kendaraan tersebut adalah bisnis, saham, property dan internet. Keempat kendaraan tersebut akan lebih mudah dipakai jika anda mau memberikan manfaat kepada orang lain. Semakin anda bisa memberikan banyak manfaat kepada orang lain maka anda akan lebih mudah untuk menjadi kaya raya.

Seorang milyarder minimal memberikan manfaat kepada 10 orang, sedangkan seorang trilyuner memberikan manfaat minimal kepada 10.000 orang. Jika anda ingin berbisnis dan bisnis anda ingin besar, maka usahakan anda mau bekerja sama dengan orang lain. Yang terpenting anda bisa memilih orang yang tepat untuk diajak kerjasama.

Kenapa bisnisman umumnya lebih kaya dibandingkan karyawan ? Karena pebisnis memberikan manfaat lebih banyak kepada orang lain dibandingkan dengan karyawan. Pebisnis selalu memberikan manfaat kepada orang lain, selain memberikan manfaat kepada konsumen, dia juga memberikan manfaat kepada banyak karyawannya.

Seorang bisnisman jika ingin lebih kaya lagi maka dia harus lebih bisa memberikan manfaat kepada lebih banyak orang. Untuk itu jangan hanya memiliki satu perusahaan. Usahakan memiliki cabang-cabang. Dengan memiliki banyak cabang maka maka akan bisa melayani konsumen lebih banyak, bisa memberikan manfaat kepada orang lebih banyak dan konsumen juga bisa mencari tempat yang lebih dekat untuk mendapatkan produknya. Jika pebisnis tersebut ingin lebih cepat kaya maka pembukaan cabangnya disarankan menggunakan franchise. Artinya pebisnis tersebut memberikan kesempatan kepada para pebisnis lain untuk ikut berkembang.  Ada lagi metoda yang lebih ampuh untuk memberikan manfaat kepada orang lain yaitu metoda go publik. Perusahaan yang go publik berarti  menjual sahamnya di pasar modal. Dengan cara seperti ini dia memberikan kesempatan kepada lebih banyak orang lagi untuk menikmati jalannya perusahaan dia.

Orang-orang yang kaya-raya umumnya hanya menguasai sebagian kecil dari saham perusahaannya. Kenapa ? Karena dia memberikan kesempatan kepada masyarakat umum untuk memiliki saham juga.  Walaupun saham dia kecil (secara prosentase) , tetapi nilainya sangat besar karena perusahaan dia merupakan perusahaan  raksasa.

Purdi Chandra mengatakan bahwa jika kita mendirikan perusahaan maka sebaiknya menggunakan modal orang lain. Dengan menggunakan modal orang lain, disamping bisnis kita bisa lebih cepat dimulai maka makin banyak orang yang mau mendoakan keberhasilan bisnis kita. Jika perusahaan hanya milik kita maka kita saja yang mendoakan supaya bisnis berhasil, tetapi jika orang lain juga memodali maka dia juga pasti ikut mendoakan supaya bisnis kita berhasil.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar