Selasa, 13 November 2012

Bisnis Yang Disarankan

 

Anda ingin berbisnis ? Ya, jika anda sudah mau membaca tulisan ini, berarti anda sudah ada keinginan untuk bisnis. Masalahnya bisnis apa yang harus anda pilih. Jika anda memilih bisnis maka ada tiga hal yang bisa menjadi perhatian anda

1.  Keuntungannya besar

Ini harus menjadi pilihan 1, karena tujuan anda berbisnis adalah untuk mencari keuntungan.

2. Anda menyukainya

Jika anda tidak menyukainya maka anda tidak akan memeliharanya

3. Mudah dilakukan

Dengan mudah melakukannya anda juga akan mudah mendelegasikannya, sehingga bisnis anda akan lebih cepat besar.

 

Sebisa mungkin memang bisnis yang kita buat memenuhi ketiga-tiganya, yaitu keuntungannya besar, kita sukai dan mudah dilakukan. Akan tetapi jika kita tidak menemukan yang memenuhi ketiga-tiganya maka kita bisa memilih pilihan pertama. Bolehkah kita memiliki bisnis yang kita tidak suka ? Jawabaannya adalah boleh, tapi secepat mungkin kita harus segera mendelegasikannya kepada orang lain.

 

Jika anda sebagai pemula ada tambahan yang harus anda pilih, yaitu uangnya kas. Saya sangat menyarankan anda membangun bisnis yang uangnya kas. Salah satu contohnya adalah bisnis kuliner. Akan tetapi tidak semua jenis bisnis kuliner uangnya kas. Misalnya anda menjadi supplier makanan. Saya tidak menyarankan anda menjadi supplier, kecuali anda memiliki modal yang kuat. Kenapa ? Karena suplier cenderung tidak mendapatkan uang kas, dan cenderung harus memodali pebisnis yang lain. Misalya anda menjadi supplier ke sebuah supermarket. Begitu anda berhasil memasukkan barang, upermarke tidak bisa langsung memberikan uang kas. Mereka mungkin akan membayar anda 3 bulan kemudian. Jika barang di tempat penjualan habis mereka akan meminta anda memasukkan lagi, padahal uang yang kemarin belum dibayar.   

 

Jadi berhati-hatilah dalam memilih bisnis. Akan tetapi jangan sampai gara-gara telalu hati-hati anda menjadi tidak segera take action. Mulailah segera, walaupun membuat pertimbangan tetap perlu.

1 komentar:

  1. Artiel blognya mantap mas/OmSon. Sukses selalu buat mas/OmSon !

    BalasHapus