Selasa, 13 November 2012

Bisnis Kuliner




Bisnis kuliner merupakan bisnis yang berkaitan dengan makanan. Bisnis ini memang menjanjikan, walaupun banyak orang yang meremehkan. Kenapa bisnis kuliner ini mesti kita pilih ? Ada beberapa alasan yang menyebabkan kita harus memilih bisnis kuliner. ALasan-alasan tersebut adalah :


1. Uangnya mengalir setiap hari

Ketika kita berjualan makanan, maka tiap hari akan ada orang yang membeli, sehingga setiap hari selalu ada pemasukan. Berbeda dengan ketika kita menjual mobil ataupun rumah. Belum tentu tiap hari ada yang laku.


2. Modal kecil

Dengan modal yang kecil, boisnis kuliner bisa dengan mudah dididrikan. Bahkan hanya dengan modal Rp 1.000.000,00 bisnis kuliner bisa didirikan


3. Keuntungan besar

Bisnis kuliner memiliki keuntungan yang sangat besar. Ukuran besar ini memang relatif. Misalnya kita anggap keuntungannya 30%. AKan tetapi keuntungan bisnis kuliner ini adalah keuntungan harian, sehingga jika tiap hari keuntungannya 30%, artinya dalam satu bulan keuntungannya adalah 900%.

Di restoran harga the botol bias mencapai Rp 5.000,00. Di pinggir jalan harganya hanya Rp 2.000,00. Artinya dengan dijual Rp 2.000,00 saja orang sudah untung, karena modal dasarya adalah Rp 1.300,00. Jadi Seandainya dijual Rp 5.000,00 maka keuntungannya jelas sangat besar. Walaupun begitu tidak ada pembeli te botol di restoran yang protes.


4. Bisnis anti krisis

Ketika ada krisis ekonomi besar-besaran, bisnis kuliner justru malah berkembang. Mislanya krisis moneter tahun 1998. Justru pada tahun ini, di Bandung banyak kafe-kafe baru yang bermunculan. Bisnis kuliner yang hancur pada saat krisis ini bukan karena krisisnya, akan tetapi karena adanya mis manajemen.  


5. Tidak ketinggalan zaman

Bandingkan dengan bisnis elektronik ataupun baju yang setiap saat harus mengeluarkan model baru. Bisnis kuliner tidak harus seperti itu. Nasi pecel 100 tahun yang lalu sama dengan nasi pecel tahun ini ataupun bahkan 100 tahun yang akan datang. Tidak ada orang yang berkata, "hari gini makan nasi pecel?"


6. Mudah didelegasikan

Bisnis kuliner dangat mudah didelegasikan. Dengan mengajarkan sebentar saja kepada orang lain, maka dengan mudah orang lain bisa mengerjakan. Sangat berbeda dengan bisnis-bisnis yang lain. Dengan adanya pendelegasian ini kta akan dengan mudah mendirikan bisnis berikutnya


7. Mudah diduplikasi

Jika kita sudah memiliki satu bisnis kuliner maka dengan mudah kita mendirikan bisnis kuliner sejenis di tempat lain. Dengan demikian kita akan dengan mudah memiliki banyak cabang bisnis ini.


Sebenarnya masih banyak kelebihannya yang lain. Bagi anda yang baru memulai bisnis, saya sangat menyarankan bisis kuliner ini. Karena bisnis ini termasuk mudah. Kita bisa memulainya dari kecil. Yang terpenting anda berani mencoba.

Baca juga :
Mitos Bisnis Kuliner

Tidak ada komentar:

Posting Komentar