Kamis, 11 Oktober 2012

Cara Menghitung Bisnis





Dalam bisnis, pentingkah menghitung ? Jawabannya adalah iya. Walaupun begitu, banyak pebisnis sukses yang mengajarkan agar kita tidak menghitung-hitung kalau berbisnis. Karena kalau dihitung-hitung, biasanya kita tidak jadi bisnis. Karena, begitu dihitung, kebanyakakan kita menjadi takut dengan resiko. Dengan ketakutan ini, kita tidak jadi take action dalam bisnis. Padahal take action adalah rumus utama untuk menggapai kesuksesan. Cara ini juga kita anggap benar. Karena dengan cara seperti ini maka kita cepat take action.

Idealnya kita harus menghitung bisnis dan cepat take action. Yang lebih penting adalah kita tahu cara menghitung bisnis secara benar. Sebelum kita mengetahui cara menghitung bisnis dengan benar, maka kita perlu mengetahui apa bedanya resiko dan beresiko. Resiko adalah akibat, jadi bisa akibat baik dan akibat buruk.Resiko perlu kita hadapai, tetapi kita perlu meninggalkan hal-hal yang beresiko.

Apa maksudnya beresiko?
Jika kita menginvestasikan uang kita sebesar Rp 10 milyar, untuk bisnis yang kita tidak begitu menguasainya, dan untuk itu kita harus menggadaikan rumah dan seluruh harta kita, ditambah lagi kita hutang kepada orang, dimana orang ini adalah mantan narapidana yang baru keluar dari penjara dan mantan narapidana ini dulunya pernah membunuh orang, maka bisnis ini bagi kita adalah beresiko. Akan tetapi, jika bisnis seperti ini dikerjakan oleh Bill Gates, maka hal ini tidak beresiko.

Nah untuk mengetahui kondisi yang kita hadapi ini merupakan resiko dan beresiko ini maka kita perlu menghitung bisnis secara benar. Misalnya kita memiliki uang Rp 20 juta, kemudian ada bisnis senilai Rp 1 juta, akan tetapi kemungkinan kita berhasil adalah 10%, maka sebaiknya kita ikut atau tidak ? Jawabannya tergantung, berapa besar keuntungan bisnisnya. Walaupun ;peluangnya 10%, akan tetapi jika sekali untung mendapatkan Rp 50 juta, maka sebaiknya jalankan saja ?

Kenapa? bukannya peluang untungnya  hanya 10% ? Itu kan terlalu kecil ? Jawabannya iya. Akan tetapi kita memiliki uang Rp 20 juta, dan sekali mencoba hanya Rp 1 juta ini bereti kita bisa mencoba bisnisnya 20 kali. Karena peluangnya 10% maka perkiraannya kita akan brhasil 2 kali. Setiap berhasil kita mendapatkan 50 juta, maka berarti kita mendapatkan Rp 100 juta. Enak kan ? dari Rp 20 juta berubah menjadi Rp 100 juta.

Dari sinilah kita mesti mulai bisa menghitung bisnis. Dengan menghitung maka bisnis kita akan lebih terstruktur. Artinya, bisnis memang harus segera dibuka, agar kita segera memiliki pengalaman. Jika tidak utung, minimal kita memiliki pengalaman. Pengalamanlah yang menjadi guru terbaik dalam bisnis. Jika bisnis anda sudah mulai besar, maka menghitung adalah hal yang sangat penting. Pengusaha banyak yang hancur hanya gara-gara salah hitung. Tidak ada penguaha besar yang hancur gara-gara beli baju mewah atau kemewahan lainnya. Mereka seringkali hancur gara-gara salah hitung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar